Bersih-Bersih Masjid dan Madrasah Diniyah Desa Gemulak

Sekitar 20 pemuda yang terdiri dari Mahasiswa KKN UIN Walisongo Posko 39 dan Karang Taruna Desa Gemulak membersihkan masjid dan madrasah diniyah, Minggu (16/2/2020). Dalam kegiatan tersebut, para pemuda gotong royong membersihkan 2 masjid dan 2 madrasah diniyah (madin).

Kegiatan bersih-bersih yang dilaksanakan sejak pukul 8 pagi itu dimulai dengan membersihkan Masjid Dusun Daleman. Para pemuda membersihkan area tempat wudhu, kamar mandi, langit-langit, lantai, hingga sarung dan mukena. Mereka juga tidak lupa membersihkan makam Mbah KH Toyyib (salah satu pendiri Desa Gemulak) yang terletak di kawasan masjid.

“Kegiatan bersih-bersih ini merupakan salah satu agenda positif yang insyaallah bermanfaat bagi orang banyak. Tempat ibadah dan tempat mengaji seperti masjid dan madin perlu rutin dibersihkan secara berkala” ucap Madhan, salah satu mahasiswa KKN.

Setelah membersihkan Masjid Daleman, para pemuda melanjutkan bersih-bersih di Madin Thoriqul Huda, Daleman. Sekitar pukul 10 pagi bersih-bersih dilanjutkan di Masjid Dusun Belah dan Madin Nurul Ulum. Kegiatan bersih-bersih tersebut berakhir ketika adzan duhur berkumandang.

“Kami sangat berterima kasih karena telah membantu membersihkan madrasah diniyah dan masjid. Semoga kegiatan ini bisa menjadi amal jariyah bagi yang membersihkan” ucap Kus, Salah satu Ustadzah Madin Dusun Belah, saat menjamu mahasiswa KKN makan siang di rumahnya. (Miskat Muhamad/ UIN Walisongo)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan